ADPK

Beranda » MPR R.I » Ketua MPR: Jangan Tukar Kedaulatan Rakyat Dengan Sembako

Ketua MPR: Jangan Tukar Kedaulatan Rakyat Dengan Sembako

Daftarkan email disini agar anda ternotifikasi bila ada informasi dan kabar terbaru dari https://adpk.wordpress.com

Bergabunglah dengan 19 pengikut lainnya

Ketua MPR: Jangan Tukar Kedaulatan Rakyat Dengan SembakoDi hadapan anggota Aisyiyah Jakarta, 20 April 2016, di Tebet Jakarta, Ketua MPR Zulkifli Hasan menyampaikan Sosialisasi 4 Pilar, yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Aisyiyah adalah organisasi yang bernaung di bawah Muhammadiyah.

Dalam pemaparannya, Zulkifli Hasan mengatakan bahwa penyusun Pancasila banyak dari kalangan Muhammadiyah seperti Ki Bagus Hadikusumo, Kasman Singodimedjo, dan Kahar Muzakir.

Lebih lanjut dikatakan, Pancasila dengan mengutip kata Bung Karno adalah kasih sayang. Zulkifli Hasan mengatakan apakah sudah ada kasih sayang di antara kita? diakui bahwa rasa kasih sayang di antara kita mulai pudar. Dicontohkan orang sudah mulai biasa dengan kata-kata kasar. Diceritakan dulu di kampung bila ada anak berkata kasar pada orangtua, ia disebut durhaka.

Inti Pancasila yang lain juga diungkapkan oleh Zulkifli Hasan yakni, kekeluargaan. Zulkifli Hasan juga bertanya masihkah ada rasa kekeluargaan di antara kita. Zulkifli Hasan prihatin dengan banyaknya tawuran antarkampung yang menunjukkan pudarnya rasa kekeluargaan.

Pancasila juga mengandung makna gotong royong. Zulkifli Hasan bertanya apakah kita masih suka saling membantu?

Dalam sosialisasi Zulkifli Hasan juga memaparkan mengenai NKRI. NKRI menurut Zulkifli Hasan adalah negara kesatuan di mana setiap warga negara dari manapun, siapapun, bisa menjadi apapun, apakah itu Presiden, kepala daerah, ketua lembaga negara, dan lain sebagainya.

Zulkifli Hasan juga menerangkan mengenai Bhinneka Tunggal Ika. Menurutnya Bhinneka Tunggal Ika adalah bangsa ini beragam dalam kesatuan. Dengan keberagaman ini Zulkifli Hasan mengharap agar kita jangan disamasamakan. Dengan adanya perbedaan itu menurutnya menjadikan modal untuk berkreatifitas dalam kebudayaan nasional.

Dijelaskan mengenai UUD NRI Tahu 1945. Inti dari UUD itu menurut Zulkifli Hasan adalah kedaulatan ada di tangan rakyat. Zulkifli Hasan mengharap agar kedaulatan digunakan oleh rakyat dengan baik, jangan ditukar dengan sembako. Dengan kedaulatan itulah menurut Zulkifli Hasan kita bisa memilih Presiden, gubernur, bupati, dan walikota.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: